Di Bali, Gajah Ikut Upacara Kemerdekaan RI


Sebanyak delapan ekor gajah (Elephan Maximus Sumatranus) turut dilibatkan dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI yang berlangsung di Bali Safari & Marine Park (BSMP), Rabu, 17 Agustus 2011.

Masing-masing gajah dikawal pawangnya (keeper) menggunakan kostum yang biasa dipakai dalam pertunjukan Bali Agung.

Selama berlangsungnya upacara yang dipimpin Executive Assistant Manager BSMP Mabrio Bradley sebagai komandan upacara, gajah-gajah tersebut berbaris rapi dan tertib hingga seluruh rangkaian upacara berakhir.

Media Relation BSMP Astrid W. Iswulandari mengatakan gajah di lokasi wisata itu selalu disertakan dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI. “Tahun lalu pun sudah dilibatkan,” katanya usai pelaksanaan upacara.

Tahun-tahun sebelumnya, gajah-gajah maupun para pawangnya tidak menggunakan kostum khusus seperti yang dipakai tahun ini.

Kehadiran gajah-gajah tersebut mengundang perhatian para peserta upacara, termasuk sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Gianyar serta para kepala desa yang ada di sekitar lokasi BSMP.

Untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI tahun ini, BSMP juga menggelar festival sambal, Chili Festival Bali Safari (Chibari) yang ke-3. Festival Chibari kali ini berlangsung selama sebulan penuh. Menampilkan suguhan lebih dari 300 macam sambal khas dari seluruh wilayah Bali. Di antaranya Sambal Beruk, Sambal Kencur, dan Sambal Coco Pete Uh Ah Uh Ah yang mulai jarang dijumpai.

“Festival Chibari diharapkan bisa menginspirasi semua pihak untuk melestarikan kekayaan budaya kuliner khas daerah,” ucap General Manager BSMP Hans Manansang.

Selama berlangsungnya festival, para pengunjung dapat melakukan “Fun Fact” untuk mencicipi rasa khas masing-masing sambal yang disuguhkan.