Maria Sharapova, Atlet Wanita Dengan Penghasilan Tertinggi

http://nurfahmi.files.wordpress.com/2008/09/maria-kirilenko.jpg
Untuk kali ketujuh beruntun, petenis Rusia Maria Sharapova menobatkan dirinya sebagai atlet putri profesional berpenghasilan tertinggi di dunia dengan 25 juta dolar AS atau setara Rp211 miliar.

Penghasilan Sharapova lebih banyak didapat dari luar tenis. Maklum, karir atlet 24 tahun itu di dunia tenis itu sedikit menurun belakangan ini. Meski sukses melangkah ke final Wimbledon 2011, namun gelar Grand Slam terakhir yang diraih Sharapova adalah di Australia Open 2008.

 
Sejumlah perusahaan yang menjadi sponsor Sharapova adalah Nike, Tag Heuer, Sony Ericsson dan Evian. Selain itu Sharapova juga menjalani bisnis pakaian.

Dalam daftar atlet wanita terkaya yang dikeluarkan Forbes, Sharapova mengungguli petenis asal Denmark Caroline Wozniacki yang memiliki penghasilan 12,5 juta dolar AS atau setara Rp105 miliar. Selanjutnya ada pembalap IndyCar dan NASCAR asal Amerika Serikat, Danica Patrick, yang berpenghasilan 12 juta dolar AS.

Setelah itu ada dua mantan petenis nomor satu dunia, Venus Williams dan Kim Clijsters. Venus memiliki penghasilan sebesar 11,5 juta dolar AS, sedangkan Clijsters sebesar 11 juta dolar AS.

Tujuh dari sepuluh atlet wanita dengan penghasilan tertinggi berasal dari dunia tenis, termasuk juara Prancis Terbuka asal China Li Na yang berada di peringkat delapan. Dua atlet lainnya yang bukan berasal dari tenis adalah atlet ice skating asal Korea Selatan, Kim Yu-Na, dan pegolf Amerika Serikat, Paula Creamer.

10 Atlet Wanita Berpenghasilan Tertinggi Versi Forbes

1. Maria Sharapova $25 juta (Rusia, tenis)

2. Caroline Wozniacki $12.5 juta (Denmark, tennis)

3. Danica Patrick $12 juta (AS, balap mobil)

4. Venus Williams $11.5 juta (AS, tenis)

5. Kim Clijsters $11 juta (Belgia, tenis)

6. Serena Williams $10.5 juta (AS, tenis)

7. Kim Yu-na $10 juta (Korea Selatan, ice skating)

8. Li Na $8 juta (China, tenis)

9. Ana Ivanovic $6 juta (Serbia, tenis)

10. Paula Creamer $5.5 juta (AS, golf)