Jangan Simpan Obat di Lokasi Ini

​Cara utama untuk menjaga kesegaran dan keawetan suplemen vitamin Anda adalah dengan menyimpannya di tempat yang tepat. Adapun tempat-tempat yang sangat tidak disarankan untuk menyimpan obat adalah dapur dan kamar mandi. Kenapa? Menurut para ahli kondisi lembap akan mengikis kandungan vitamin dalam obat, hingga habis setidaknya dalam waktu seminggu.

Dalam sebuah studi, para ilmuwan melacak kandungan dua jenis bubuk vitamin C yakni asam askorbat dan natrium askorbat yang biasa digunakan dalam suplemen. Pada tempat yang kering dan tidak lembap, kandungan vitamin akan mampu terus bertahan di dalam obat.

Namun, pada kondisi panas dan lembap, kandungan asam askorbat sebesar 90 persennya akan kehilangan khasiat dalam waktu 8 minggu. Tak hanya itu natrium askorbat bahkan akan menghilang seluruhnya atau 100 persennya hanya dalam waktu 2 minggu.

Untuk itu, sangat tidak disarankan untuk meletakkan vitamin di dapur karena kemungkinan besar akan terpapar panas dan lembap, sehingga akan memengaruhi kandisi obat hanya dalam waktu singkat. Begitu pula di kamar mandi, terlebih bila Anda menggunakan air hangat untuk mandi, situasi lembap pastinya akan memengaruhi obat.

Adapun tempat terbaik untuk meletakkkan vitamin yakni di tempat yang kering dengan iklim sejuk seperti di lemari kamar tidur yang jauh dari jangkauan anak-anak tentunya. Waspada pula bila Anda menemukan tanda-tanda kecokelatan atau warna pudar pada pil, itu mungkin pertanda bahwa Anda mesti segera membuangnya dan mengganti dengan yang baru.
kaskus