Tips Menghemat Listrik saat Menggunakan Komputer

http://cimpli.files.wordpress.com/2011/01/997639782.jpg
Ternyata, mematikan komputer di malam hari atau menggunakan komputer delapan jam sehari saja, telah menghemat listrik hingga 810 kWh per tahun. Bila disetarakan dengan tarif dasar listrik sekarang, maka kita telah menghemat sekitar Rp 720 ribu. 
 
Itu adalah satu dari 17 tip menghemat listrik, seperti yang disebutkan APC dari Schneider Electric kepada kami pada hari ini. Inilah mereka:

1. Matikan komputer di malam hari sehingga komputer hanya digunakan selama 8 jam untuk menghemat penggunaan energi hingga 810kWh per tahun.
 
2. Sambungkan komputer ke surge protector dengan master control outlet, sehingga secara otomatis dapat mengetahui saat komputer tidak digunakan untuk kemudian memutus sambungan listrik ke komputer dan perlengkapannya.
 
3. Belilah monitor layar datar karena menggunakan lebih sedikit energi dan tidak membuat mata bekerja lebih keras seperti pada CRT. Belilah yang sudah dilengkapi Energy Star.
 
4. Pertimbangkan laptop daripada desktop karena menggunakan lebih sedikit energi.
 
5. Rencanakan penggunaan komputer sehingga semua kegiatan dapat diselesaikan dalam satu waktu.
 
6. Pertimbangkan monitor yang lebih kecil. Monitor 14 inci menggunakan 40 persen energi lebih rendah dibandingkan dengan monitor 17 inci.
 
7. Aktifkan mode standby/sleep dan pengaturan penggunaan energi.
 
8. Lupakan screen saver karena tidak menghemat energi kecuali masih menggunakan monitor monochrome yang lama.
 
9. Lihat ulang rancangan dokumen dan e-mail pada layar dari pada mencetaknya.
 
10. Pakailah printer ink-jet walaupun lebih lambat dari pada printer laser. Inkjet menggunakan 80-90 persen energi lebih sedikit.
 
11. Belilah produk tinta berbahan dasar tumbuhan atau non-minyak karena dibuat dari sumber yang didaur ulang, membutuhkan lebih sedikit penggunaan materi berbahaya, dan menghasilkan warna yang lebih terang dan jernih.
 
12. Pilihlah warna yang gelap sebagai latar belakang tampilan layar, karena tampilan warna terang menggunakan lebih banyak energi.
 
13. Kurangi tingkat pencahayaan ruangan pada saat menggunakan komputer.
 
14. Gunakan jaringan dan share printer apabila memungkinkan.
 
15. Cetaklah dengan menggunakan kertas daur ulang.
 
16. Cetak di dua sisi kertas.
 
17. Komunikasi melalui email sebagai alternatif pengganti memo dan fax