HOLIDAY IN PANGANDARAN
"Episode Cagar Alam"

Cagar Alam???
You know...
Setelah mendengar tempat ini mungkin the reader (dibaca:pembaca) bakalan langsung kepikiran sama binatang-binatang dan tempat2 yang berbau alam..
Yaph!!!
Betul sekali...

Cagar Alam Pangandaran adalah salah satu tempat wisata terkenal di kawasan Jawa Barat.
Layaknya cagar alam di daerah Indonesia, cagar alam Pangandaran menyimpan sejuta cerita menarik tentang kebudayaan daerah setempat.. (sok ngerti,,padahal aku bukan dilahirkan di pulau ini..hehehhehehehe.....)
Tapi aku senang belajar kebudayaan daerah2 di Indonesia, biar ga dibilang apatis sama orang2..
Sesuai dengan pribahasa "Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung"

Di cagar alam Pangandaran, aku dan satrya sepakat untuk mengunjungi tempat tsb.
Hmm...saat berjalan memasuki kawasan cagar alamnya, petugas mendekati kami berdua. 
"Kang, tiketnya dulu", ujar petugas yang berada tak jauh dari pintu masuk cagar alam. 
Ohh..pake tiket ya (tanyaku dalam hati). 
"Brp tiketnya, pak?" tanya Satrya.
"Untuk dewasa Rp 7000/orang, jadi semuanya 14000" kata petugasnya.
"Weeww..mahal pak. Kan saya kesini weekdays pak? 10000 aja ya?!hehee.." Satrya berkata sambil ketawa.
"Oke deh..." kata petugasnya.
"Nuhun, pak" Satrya says.
Tak berapa lama kemudian kita memasuki kawasan cagar alam tsb.

Woww..amazing!!!
Amazing disini bukan takjub ngeliat suasananya tapi sepi dan menyeramkan, bikin bulu2 kuduk merinding..hiiii.. Yang bikin menyeramkan karena suasana cagar alam yang berbau alam jadi ketika kita berada disini, maka sama dengan kita berada di dalam hutan. Kanan-kiri penuh dengan pohon2 tinggi dan jalan setapak yang terbuat dari paving blok yang penuh dengan daun2 kering. Pokoknya tiba2 suasana jadi menakutkan..(*lebayy mode on). Apalagi tak terlihat satu batang hidung pun yang berada di cagar alam ini. Eiitsss..ternyata dugaanku salah. Di ujung sebelah kanan tampak satu keluarga disana, berjalan lagi ketemu orang lagi. Plok..plok..plokk...(*suara berjalan pura2 nya)..kita bertemu guide (dibaca: pemandu) wisata alam ini. Euhh..guide ini mendekati kita dan komat-kamit kaya mbah dukun.

Dia bilang,,,,,, "disini ya kang, neng, bisa melihat Goa-goa yang terbentu secara alami. Di goa-goa ini kang, neng bisa ngeliat benda2 sejarah. Di cagar alam ini ada 3 Goa, Goa Lanang, Goa Batu,,...(1 Goa lagi aku lupa namanya). Di Goa Lanang, kang, neng, bisa ngeliat kuburan salah satu wali (katanya), batu yang berbentuk (maaf) kelamin laki2 dan perempuan...konon katanya bagi yang cwo/cew sedang mencari jodoh atau pacaran memegang batu ini sesuai lawan jenisnya, maka akan langgeng atau bagi yang lajang akan segera mendapatkan jodoh. Ada batu pocong (bentuknya kaya pocong), batu keluarga (bentuknya seperti sebuah keluarga bersama anak2). Kalo kang, neng mau ongkosnya 75rb, bakal ditemenin ke 3 Goa-goa."
Weewww...mahal banget kata kita. Tawar 10rb deh a'..hehe...
Setelah berlama2 nego harga, akhirnya kita memutuskan untuk tidak menggunakan jasa guide. Kita sok2an berani dan berjalan..jalan...dan jalan....

Ya ampun...sepi banget ihh, kataku sama ayah (satrya syg).hhiii...kita muter ke tempat yang tadi aja yuuu...
Saat itu, kita ga sengaja jalan ke tempat yang bener2 sepiiiiii banget. Kanan kiri penuh dengan pohon2 tinggi yang serem dan ya ampun ga kebayang deh..(bayangin aja, kalo lagi di hutan sendirian dan sepi bgt). Alhasil kita pun balik arah lagi. Sukur deh...

Ga lama itu, kita ketemu lagi sama guide tapi kali ini dengan orang yang berbeda (sebut saja Guide 2). Guide 2 itu nawarin sama seperti yang dibilang guide 1. Langsung kita tawar 15rb deh a' tapi cuma 1 goa aja.,lagian dah hampir sore dan cuacanya smakin gelap. Alhasil kita pun berhasil membujuk si guide 2 dengan ongkos 15rebu. Kita dianter ke Goa Lanang waktu itu, yg penuh dengan batu dengan sgala cerite2nye yang sama sekali aku ga percaya.
Ni poto2nya...

Welcome to Cagar Alam Pangandaran
Foto di Goa Lanang



Ada landak juga..namanya lupa



Kuburan salah satu wali,,ceritanye


Batu pocong












Maaf..ini bukan penampakan yaa (soalnya bajunya putih siy). Ini pacar aku, Satrya.hhii...
Hooohhh...
Selesailah perjalanan kita menyusuri goa Lanang. Dan perjalanan berikutnya adalah pulang karna cuaca sudah semakin gelap. Saat kita menuju perjalanan pulang, ternyata di sekitar cagar alam ini ada monyet, rusa juga ada....
Ni penampakannya...

Rusanya jinak lho...

Banyak monyet disini nih..











Kita berdua juga poto-poto sama binatang2 disini...

Ayah with rusa

Hampir dikejar monyet iniii...
Lucu yaaa...

Anak rusa lg tiduran..aku elus deh..











 Hihihihiiii....Lucu yaaa...
Aku berharap bisa datang lagi ke tempat ini, tapi dengan membawa pasukan2,,biar kalo jalan ke goa lagi ga takut dan bisa jelajah goa-goa yang belum dijamahi sama kita.

Cagar Alam Pangandaran bisa dijadiin options buat yang pengen liburan ke Pangandaran.
Selain tempatnya nyaman, kita juga bisa mengenal situs-situs sejarah di daerah ini.
So, prepare your holiday in very well...